Emas...TEMBUS $ 1500 / ons !!

Harga emas bertahan stabil sedikit dibawah level $1,500 dan perak mencapai tingginya 31 tahun hari Rabu, didukung oleh lemahnya dollar AS dan kekhawatiran krisis hutang Eropa.
Setelah kontrak emas AS mencapai $1,500 di sesi sebelumnya, spot emas diperkirakan akan niak diatas level psikologis, tetapi perdagangan singkat terlihat mulai terjadi.
“Level $1,500 terlihat menjadi batas penguatan alami”, dikatakan Natalie Robertson, seorang commodity strategist dari ANZ.
“Saya tidak melihat harga secara meyakinkan melewati level tersebut di beberapa hari kedepan kecuali adanya sesuatu yang (negatif) yang terjadi, mungkin berkaitan dengan krisis hutang di Eropa. Tetapi kami melihat emas masih berada kuat di level $1,490”.
Lemahnya dollar AS memberik dukungan kepada logam mulia. Dollar indeks yang mengukur pergerakan dollar AS terhadap mata uang rival, melemah menuju rendahnya 16 bulan yang terjadi minggu lalu, setelah Euro dan mata uang komoditi pulih dari aksi jual minggu ini.
Spot emas berhasil menembus level $1,500.20 per ons, setelah naik ke rekornya di $1,499.31 di sesi sebelumnya. Kontrak emas AS naik 0.2% ke level $1,498.60.



Emas masih ditopang dengan nyaman oleh tekanan inflasi jangka pendek serta kekhawatiran ekonomi yang memicu aliran dana ke safe haven, namun investor lain masih kurang yakin pada kinerja emas dan menyebutkan ada potensi gelembung harga sama halnya dengan utang sovereign, inflasi serta surat berharga.
Secara keseluruhan para pelaku pasar masih didominasi oleh kekhawatiran defisit dibanding data makroekonomi, akibat indikasi defisit anggaran AS diproyeksikan meraih 10.8% dari GDP, tertinggi diantara negara maju lainnya. Hal ini melemahkan dollar namun menguntungkan Emas karena permintaan investor terhadap aset safe haven semakin tinggi.
Berdasarkan analisa teknikal, bias intraday masih keatas, namun dibutuhkan penembusan secara konsisten diatas area 1501 untuk memicu momentum bullish lebih lanjut mengincar area 1517 – 1526. Support terdekat ada di area 1486, anjlok secara meyakinkan dibawah area tersebut dapat memicu momentum bearish sebelum naik lebih lanjut, namun penurunan masih terbatas di area support kunci 1442-1445.

(sumber : monex news)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar